Thursday 6 February 2014

"Perubahan" untuk keburukan

gua gak paham dengan arti perubahan yang sesungguhnya.Keadaan memang bisa berubah baik disadari maupun tidak.Seperti keadaan keluarga gua saat ini.Dulu kita hidup dengan kesederhanaan yang cukup dan membahagiakan,itu yang gua rasakan tapi entah menurut yang lainnya.Tapi dengan keadaan itu keluarga gua masih bisa menjalani kehidupan dengan baik dan sakinnah mawaddah wa rohmah walaupun terkadang mawaddah mengalami masalah,tapi itu bukan masalah yang berarti bagi kami.

Kalian pasti pernah mendengar atau membaca cerita tentang seorang yang miskin menjadi jutawan dan merubah hidupnya menjadi bahagia ? Banyak orang yang mengharapakan hal itu terjadi pada mereka,berharap kehidupannya yang sulit akan segala kebutuhan hidup yang harus dipenuhi menjadikan alasan mereka mengharapkan hal itu terjadi pada mereka.Namun bagi gua,transformasi kehidupan yang didasarkan pada harta sebagai tolakukurnya itu membuat kejiwaan gua semakin terancam.kalian tau pepatah yang mengatakan "didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" ? apa kebalik yah ?
alah gua ga peduli tapi menurut gua itu yang benar "didalam jiwa yang sehat tercipta tubuh yang sehat"
kebahagiaan jiwa itu penting bro...
asal kalian tau,kenapa sekarang penyakit diabetes,stroke,lifer,hippertensi dan kawan-kawannya itu menjadi tren di abad sekarang ?

Sunday 29 December 2013

kau mungkin tak tau
seberapa besar rasa ini pada mu
dan sampai kapan pun kau tak pernah tau
karena aku tak mampu
untuk mengungkapkannya pada mu

Angkeez
sedarai dulu aku mengagumi mu,
mengagumi senyum indah mu,
merasakan teduhnya tatapan mata mu,
dan mengharapkan ku dapat bersama mu,

apakah kau tau dengan semua itu ?
kurasa kau tau namun berpura tak tau
karena kau tak inginkan ku
karena kesalahan ku
membuat diri mu malu
karena menjadi bahan kegalauan ku

tak terbendung lagi
tak tertahan lagi rasa ini
ku ingin segera kau mengetahui
bahwa rasa ini kau yang miliki


Saturday 13 July 2013

Mata hati dari Seratus-ribu






Awal bulan ramadhan adalah hari bored gua yang pertama.Dimana duit ‘CEPE’ gua terasa terbuang percuma.
Itu terjadi saat pagi hari dimana ‘walidain’(orang tua) gua pergi ke Center Plaza katanya mau bayar listrik.orang tua gua memang lagi usaha online,kaya bayar listrik,air,telepon,sampai cicilan motor dan asuransi.Tapi sayangnya karena masalah komputernya yang lagi nambek gara-gara gak di beliin eskrim Magnet,terpaksa ortu gua harus pergi langsung ke pusat pembayarannya,itu semua dilakukan karena ‘tanggungjawab’.
Sebelum ortu pergi,gua cium tanggan dulu(contoh teladan nih)dan gua bilang
‘mi beliin kemeja yah?’dengan mimik yang kaya bocah.
‘selera kamu mah susah,nanti dibeliin gak cocok,terus ga kepake’hambur’ !!’kata umi gua dengan nada sedikit tinggi.
gua ngeles kaya atraksi tukang bajaj yang kemaren gua liat didepan monas ’ihh..dipake ko,yang modelnya kaya yang ini’sambil gua bawa contoh baju kesayangan gua.
‘ukuran baju kamu yang itu apa ?’kata umi gua.
(cepetannn...,ini udah siang’abi gua ngomel’).
‘L atau XL mi’kata gua dengan sedikit bimbang
‘yang bener…abi kamu aja XL…nanti kamu kaya Bebegig(orang-orangan sawah)’kata umi sambil tersenyum.
‘ia udah yang L aja tapi dikira-kira yah,jangan yang kecil ukuran L nya’dengan sedikit kesal.
‘yaudah’kata umi sambil melirik ala antagonis
‘yaudah mi’sahut gua dengan nada polos
‘aiihh…mana duitnya’dengan eksprsi seperti tukang kredit nagih bulanan.
‘dihh..kan judulnya minta dibeliin,sahut gua dengan agak nyolot(nyolotnya beda ini mah,bukan kaya gua nyolot sama lu pada yah).
‘atuh kamu kan udah dikasih jatah buat beli baju 2 minggu yang lalu’kata umi gua yang gak mau kalah.
Gua segera narik kertas berharga yang ada di dompet gua’srekk..’

Monday 1 July 2013

sistem hormon

“FEMONA” MENYEIMBANGKAN HORMON

Hormon adalah zat yang dilepaskan ke dalam aliran darah dari suatu kelenjar pada sistem endokrin yang berpengaruh pada aktifitas sel-sel tubuh yang mengendalikan fungsi organ tubuh secara keseluruhan (mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan, perkembangbiakan, ciri-ciri seksual, mempengaruhi tubuh dalam penggunaan dan penyimpanan energi serta mengendalikan volume cairan, kadar air dan garam dalam darah). Sebagian besar hormon merupakan protein yang terdiri dari rantai asam amino dengan panjang yang berbeda-beda, sisanya merupakan steroid, yaitu zat lemak yang merupakan derivat dari kolesterol. Hormon dalam jumlah yang sangat kecil bisa memicu respon tubuh yang sangat luas.

Sistem Endokrin adalah

Monday 10 June 2013

bunga mati yang tumbuh

di awali di waktu 1/3 malam dengan memakan sisa-sisa wafer T**** di waktu malam,menikmatinya dengan mata yang massih sepet.Aku merasakan takmakan selama seminggu pada malam itu namun adanya wafer itu bisalah mengganjal perut ku yang meronta meminta tumbal,Ada rasa cemas dan bimbang ketika dihadaopkan pada dua pilihan "puasa atau tidak" yaa,,,pilihan itu yang membuat ku terbaring di kasur,sambil melahap sisa wafer.
hingga akhirnya aku pun terdiam dan hati ku berkata"udah sholat saja dulu"aku pun bergerak mengikuti kata hati ku disamping itu aku terfikir pagi hari akan UAS yang aku hadapi,aku pun solat dan memutuskan untuk berpuasa.

Pagi harinya aku bergegas menuju terminal BC memang belum terlalu siang,namun aku berusaha untuk datang lebih awal karena ada tugas yang belum terselesaikan.Sampai di bis ternyata aku bertemu dengan teman lama ku"Dita" ia tersenyum pada ku,aku berusaha membalasnya dengan senyum ku yang agak sungkan.Dita adalah seorang teman wanita yang dahulu pernah aku cintai,namun karena aku tidak berani untuk mendekatinya hingga aku hanya mengenalnya tidak terlalu dekat,aku pernah berkata pada salah seorang teman wanita ku yang lain namanya"Fiky" dia memang dekat dengan ku dan dekat juga dengan Dita,aku mencari tau tentangnya dari Fiky,dan dia mencoba untuk mencombangkan aku,namun aku menolak sebab aku merasa tak pantas untuk wanita sesempurna ia.(ini flash back aja).

Dia dalam bis aku hanya bisa mencuri-curi pandang saja dan men"recall"kembali kenangan ku saat masa SMP,,
wajahnya yang begitu lembut seperti anak kecil untuk wanita seumurannya,senyum khasnya yang menambah keindahan tuhan yang diberikan kepadanya.Tak terasa aku sudah hanpir tiba,berarti sejak setengah jam yang lalu aku hanya memandangi wajahnya?"alamak" mengapa aku merasa itu hanya beberapa menit saja ?
Memang benar bila cinta telah datang maka kekacauan dan segala beban yang berada dipikiran itu hilang,padahal aku ingin menghadapi UAS dan aku belum membaca sedikitpun dari pelajaran itu.

"benar... aku memang masih mencintai dia"hati ku berkata,mungkin karena tak tersampaikan sehingga mengendap di hati,dan ketika bertemu terasa hidup kembali.
tepat di depan halte bus di depan kampus ku,aku turun,karena banyak penumpang yang turun dan berdesak-desakan.Kami tak sempat mengucapkan sepatah katapun,serasa seperti 'makan kue bolu,tapi tak minum'.Sudahlah ku biarkan saja,karena aku pun bergegas ke kelas

Tuesday 28 May 2013

Jiwa Yang Lain

Entah mengapa terkadang aku ini berubah menjadi diri yang lain secara mendadak,ketika penyakit yang menyerang fikiran itu datang,aku seolah-olah membiarkan diri yang lain menguasai raga ku.Apa yang terjadi sebenarnya?

Dan mengapa dikala ku tersadar meski dir yang lain terus melakukan kegiatannya,aku pun tak kuasa melawan diri itu,sehingga tanpa disadari aku telah ditipu oleh nya.Sudah ku lakukan segala usaha agar ia tak dapat menguasai raga ku namun tetap saja dikala waktu itu telah datang aku dapat dikalahkan olehnya.Apabila ku mampu mengalahkannya ia datang dengan kekuatan terbarunya yang berusaha meruntuhkan kekuatan yang telah ku buat selama ini.Aku binggung dan hilang arah mengapa ia begitu kuat sekali.

Ketika aku menambah kekuatan ku,ia malah bertambah lebih kuat dibandingkan sebelumnya,"apakah usaha ku sia-sia ?"
Aku pernah berkata kepadanya"kalo saja aku dapat menggenggam leher mu,akan kupatah kan hingga membuat kau tak bisa kembali untuk menyerang ku"
tetapi dia menjawab"haha...kau tak bisa membunuh ku karena aku ada di setiap tubuh mu,menjulur ke seluruh bagian tubuh mu melalui derasnya aliran air kehidupan yang ada disetiap tubuh mu".

Monday 22 April 2013

Perbandingan KBK 2004 dan KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013


Perbandingan KBK 2004 dan KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013

KBK 2004 – KTSP 2006:
  1. Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
  2. Standar Isi dirumuskan berdasarkan tujuan mata pelajaran (standar kompetensi lulusan mata pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
  3. Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
  4. Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran
  5. Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah
Kurikulum 2013:
  1. Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
  2. Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran
  3. Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,
  4. Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai
  5. Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)
Perbedaan esensial kurikulum SD pada KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013
KTSP 2006:

KTSP dan Kurikulum 2013


PENGANTAR

…..
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Disamping kurikulum, terdapat sejumlah faktor diantaranya: lama siswa bersekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan.
Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35: kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Hal ini sejalan pula dengan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Sejumlah hal yang menjadi alasan pengembangan Kurikulum 2013 adalah (a) Perubahan proses pembelajaran [dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu] dan proses penilaian [dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output] memerlukan penambahan jam pelajaran; (b) Kecenderungan akhir-akhir ini banyak negara menambah jam pelajaran [KIPP dan MELT di AS, Korea Selatan]; (c) Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat, dan (d) Walaupun pembelajaran di Finlandia relatif singkat, tetapi didukung dengan pembelajaran tutorial
Sementara itu, Kurikulum 2006 memuat sejumlah permasalahan diantaranya: (1) Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional; (2) Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; (3) Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; (4) Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global; (5) Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; (6) Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan (7) Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.
Tiga faktor lainnya juga menjadi alasan Pengembangan Kurikulum 2013 adalah, pertama, tantangan masa depan diantaranya meliputi arus globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, dan ekonomi berbasis pengetahuan.
Kedua, kompetensi masa depan yang antaranya meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda.
Ketiga, fenomena sosial yang mengemuka seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarisme, kecurangan dalam berbagai jenis ujian, dan gejolak sosial (social unrest). Yang keempat adalah persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.
Ada beberapa hal yang perlu dimengerti terutama mengenai istilah kompetensi inti dan kompetensi dasar. Menilik pada KTSP, bahwa kedalaman muatan kurikulum dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar pada setiap tingkat dan/atau semester. Standar kompetensi merupakan penjabaran dari standar kompetensi lulusan (SKL). SKL secara keseluruhan terdiri atas SKL satuan pendidikan, standar kompetensi  kelompok mata pelajaran, standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran. Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.
Nah..pada kurikulum 2013 ini, istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Apakah pengertian 2 istilah tersebut?

Friday 19 April 2013

kurikulum


.http://wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif?m=1207340914gPerbedaan yang Mendasar
Pada kurikulum 2013 yang masih dalam proses uji publik ini, ada beberapa perbedaan mendasar dibandingkan KTSP 2006. Perubahan mendasar ini dilakukan menyesuaikan dengan perubahan kondisi kekinian dan juga berbagai keluhan serta masukan dari masyarakat.
Pertama, standar kompetensi lulusan. Kurikulum 2013 sangat menekankan penyeimbangan antara aspek kognitif (intelektual), psikomotorik (gerak), dan afektif (sikap). Berbeda dengan KTSP 2006 yang pada tahap implementasinya cenderung lebih fokus pada aspek kognitif saja.
Kedua, aspek standar isi. Jumlah mata pelajaran yang ada di dalam setiap jenjang pendidikan di kurikulum 2013 berkurang. Contoh untuk sekolah dasar yang awalnya 10 menjadi 6 mata pelajaran. Sekolah menengah pertama yang semula 12 menjadi 10 mata pelajaran. Tetapi esensi yang diharapkan dari setiap pembelajaran tetap ada, sehingga cara yang digunakan di dalam kurikulum 2013 adalah integrasi beberapa pelajaran ke pelajaran lain. Integrasi ini disebut pembelajaran tematik.
Pengurangan jumlah pelajaran pada kurikulum 2013 namun demikian berimbas pada penambahan waktu belajar. Untuk tingkat sekolah dasar, penambahan 4 jam dalam satu minggu. Lalu untuk sekolah menengah pertama penambahan sebesar 6 jam dalam satu minggu. Sedangkan tingkat sekolah menengah atas mendapat penambahan 2 jam dalam satu minggu.
Ketiga, standar proses pembelajaran. Perubahan yang signifikan terjadi pada pendekatan pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran yang pada awalnya menggunakan pendekatan behaviorisme dan kognitifisme, sekarang mulai bergeser menuju pendekatan konstruktifisme. Hal ini akan berimbas pada guru di kelas yang pada awalnya cenderung menggunakan guru sebagai sumber pembelajaran (teacher-centered learning) menjadi siswa dan lingkungannya sebagai sumber (student-centered learning).
Terakhir, perubahan standar penilaian. Pada kurikulum KTSP 2006, penilaian yang dilakukan cenderung menggunakan penilaian akhir, tanpa ada penilaian pada proses pembelajaran. Pada kurikulum baru ini, penilaian akan proses belajar turut dimasukkan. Nantinya akan ada penilaian portofolio terhadap pribadi siswa.
Semoga perubahan kurikulum pendidikan kita di 2013 nanti benar membawa angin segar bagi dunia pendidikan kita. Perubahan kurikulum selayaknya menjadi pemertajam kualitas proses dan hasil pendidikan bukan malah menjadi sarana coba-coba tanpa analisis mendalam dari para pemangku kebijakan pendidikan tanah air.
*Penulis adalah Mahasiswa Sampoerna School of Education Jurusan Pendidikan
Pada Kurikulum 2013 nanti, ada perubahan mendasar dibanding kurikulum sekarang, yaitu antara lain :
1.   Untuk SD, meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 10 dapat dikurangi menjadi  6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
       -     IPA menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia , Matematika, dll
       -     IPS menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dll
       -     Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan  
             Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
       -     Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
2.   Untuk SD, menambah 4 jam pelajaran per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian .
3.   Untuk SMP, meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 12 dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
       -     TIK menjadi sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran, tidak berdiri sendiri
       -     Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya
       -     Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
4.   Untuk SMP, menambah 6 jam pelajaran per minggu sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses
      pembelajaran dan proses penilaian
Untuk lebih jelas melihat perbedaan struktur kurikulum, dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Usulan Struktur Kurikulum SD


Saturday 16 February 2013

Sepenggal Cita-cita

hari dimana aku sedang berdiri dan menerangkan pengetahuan yang ada pada ku dan membahas tentang ilmu pengetahuan yang terdapat dalam sebuah buku.
aku berkata "anak-anak negara kita adalah negara kesatua yang terbentuk dari beribu-ribu pulau yang ada di negeri ini,tapi yang kita kenal ada berapa pulau terbesar di Indonesia anak-anak ?"
anak-anak menjawab "lima pa guru,,"
betul sekali,kita memiliki lima pulau terbesar yang ada di Indonesia,,coba sebutkan nak,!! "kata ku"
mereka menjawab"pulau Jawa,pulau Sumatra,pulau Kalimantan,pulau Sulawesi,dan Pulau Irian jaya"
betul sekali... "sambut ku"
kalian tau tidak negara kita Indonesia ini,memeliki batas-batas wilayah yang dijaga oleh para TNI,karena ditakutkan ada yang melakukan pekerjaan-pekerjaan di wilayah negara kita tercinta ini.Karena masing-masing negara telah memiliki batas wilayahnya masing-masing yang tidak boleh dilalui oleh yang bukan warga negara negara tersebut.Nah bapa akan menyebutkan nih batasan-batasan negara Indonesia,disebelah utara berbatsan dengan negara malaysia dan benua Asia,sebelah timur bebatasan dengan papua nugini,yang mana dulu papua nugini itu termasuk wilayah Indonesia,tetapi mereka memisahkan diri dari Indonesia dan membuat negara baru yakni Papua nugini,dan di sebelah selatan,Indonesia berbatsan dengan Samudra Hindia dan benua Australia,dan sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.

"kriingg"...."bel istirahat berbunyi
anak-anak waktunya istirahat untuk pelajaran IPS kita cukupkan sampai disini dulu,dan nanti setelah istirahat kita lanjutkan dengan pelajaran seni,baik kita tutup dulu dengan hamdalah"kata ku"
mereka menjawab"alhamdulillah,,"
silahkan istirahat"kata ku",,,

"itulah hal yang ku cita-citakan menjadi seorang Guru,namun Guru yang Profesional"