Saturday 13 July 2013

Mata hati dari Seratus-ribu






Awal bulan ramadhan adalah hari bored gua yang pertama.Dimana duit ‘CEPE’ gua terasa terbuang percuma.
Itu terjadi saat pagi hari dimana ‘walidain’(orang tua) gua pergi ke Center Plaza katanya mau bayar listrik.orang tua gua memang lagi usaha online,kaya bayar listrik,air,telepon,sampai cicilan motor dan asuransi.Tapi sayangnya karena masalah komputernya yang lagi nambek gara-gara gak di beliin eskrim Magnet,terpaksa ortu gua harus pergi langsung ke pusat pembayarannya,itu semua dilakukan karena ‘tanggungjawab’.
Sebelum ortu pergi,gua cium tanggan dulu(contoh teladan nih)dan gua bilang
‘mi beliin kemeja yah?’dengan mimik yang kaya bocah.
‘selera kamu mah susah,nanti dibeliin gak cocok,terus ga kepake’hambur’ !!’kata umi gua dengan nada sedikit tinggi.
gua ngeles kaya atraksi tukang bajaj yang kemaren gua liat didepan monas ’ihh..dipake ko,yang modelnya kaya yang ini’sambil gua bawa contoh baju kesayangan gua.
‘ukuran baju kamu yang itu apa ?’kata umi gua.
(cepetannn...,ini udah siang’abi gua ngomel’).
‘L atau XL mi’kata gua dengan sedikit bimbang
‘yang bener…abi kamu aja XL…nanti kamu kaya Bebegig(orang-orangan sawah)’kata umi sambil tersenyum.
‘ia udah yang L aja tapi dikira-kira yah,jangan yang kecil ukuran L nya’dengan sedikit kesal.
‘yaudah’kata umi sambil melirik ala antagonis
‘yaudah mi’sahut gua dengan nada polos
‘aiihh…mana duitnya’dengan eksprsi seperti tukang kredit nagih bulanan.
‘dihh..kan judulnya minta dibeliin,sahut gua dengan agak nyolot(nyolotnya beda ini mah,bukan kaya gua nyolot sama lu pada yah).
‘atuh kamu kan udah dikasih jatah buat beli baju 2 minggu yang lalu’kata umi gua yang gak mau kalah.
Gua segera narik kertas berharga yang ada di dompet gua’srekk..’

‘nih mi,tapi dapet batik juga yah’dengan wajah yang melas
‘mana ada,Rp.100.000, dapet dua baju..!’kata umi dengan tegas
‘ia udah,inget yang kalem jangan yang rame kaya baju anak kecil’kata gua mempertegas lagi

Setelah perdebatan yang cukup alot,akhirnya ortu gua cap-cus menaiki bebek bermesin menuju target peluncuran.
Gua nunggu sambil mempersiapkan lamaran kerja,ma’lum liburan anak kuliah mah panjang jadi gua nyoba buat ngejajal nyari kerjaan.
Gua teringat dengan syarat yang satu ini”pas foto”,yang dari kemaren gua lupa buat nyucinya(emang foto dicuci yah?)
Akhirnya gua berangkat juga ke depan perum,tadinya gua niat mau maen PS juga karena gua ngebet banget pengen main Master League supaya bisa beli pemain,kan seolah-olah gua kaya Opa Fergi yang bisa gaet pemaen muda berbakat.
Tapi kayanya Allah gak ngijinin gua maen PS tempat-tempat yang biasa buat gua bercumbu dengan PS sudah dipenuhi anak berjari belang.
Tanpa pikir panjang gua langsung balik lagi kerumah ngurusin berkas-berkas yang rencananya besok mau gua masukin ke perusahaan.Beberapa saat setelah gua selesai ngeberkas,terdengar suara yang didambakan,
“tiin..tin..tiiin”Bebek besi yang gua kenal telah tiba ditempat asalnya.Lekas bangun dan menghampiri plastik-hitam yang dibawa umi,
“skreek..”bunyi plastik yang ditarik dari lengan seorang wanita yang lelah.
“astagfirullah..”terkejut sang bunda tercinta
“maap mi,sambut ku sambil tersenyum malu
Berabad-abad gua menunggu hal ini dan pada akhirnya,gua buka plastic hitam besar itu…”srakk,,”
“yahh…”suara penyesalan terdengar lirih
Ternyata baju pesenan gua tak sesuai dengan dinanti-nanti selama berabad-abad,ma’lum gua di beliin baju itu setahun sekali,jadi kalo bajunya cocok yah bakal gua pake pas lebaran,kalo kaga terpaksa gua pake yang lama.

Gua itu orangnya”kekeh” kalo kata orang sundanya,tapi gua transletdah biar jelas,gua orannya keras kepala,kaku jadi yahh begitulah,makanya umi gua jarang dan hamper gak mau dititipin buat beli baju gua.
“mi ko kaya anak kecil sih ?”sambil notasi kecewa
“tuh kan..itu udah nyari kemana-mana,katanya kamu mau yang calm !” sanggah umi
“ini mah rame mi !!”
“motif dasar udah spongebob,trus list dalemnya kotak juga..!”sambung luapan kecewa gua
“huuhhmm..”tarikan nafas umi dan langsung bergegas ke dapur dengan sedikit wajah berbeda saat tersenyum atgau pun kesal.
Gua pun menatapnya dengan dalam,namun rasa kecewa berat masih hinggap… !
Gimana kag kecewa coba,duit RP.100.000,hanya mendapatkan satu baju,dan itu kebuang gitu aja,disebabkan tak sesuai dengan keinginan gua,
“ini baju mau gua kemanain,dipake aduh gap antes amat kaya anak kecil,dibuang saying duit gua?..alamat ga kepake nih baju”berkata dalam hati.
Abi gua mendekat
”itu bagus sih modelnya,Cuma karena modelnya yang beda sedikit aja,kamu ga suka karena ada list kotak-kotaknyakan?”ucapan abi yang tenang
“iaa,kenapa ga beli kaya model abi,kan yang kaya gitu calm..!!”sahut dengan nada yang masih nyolot
“digunting aja listnya toh ga akan ketauan,kamu ga taukan gimana umi kamu nyari baju itu ?...naik turun tangga,dari dasar sampe lantai tiga,nyari baju itu.Kamu masih ga mau pake ?”sahut abi sambil meninggalkan gua yang masih kecewa

Gua sedikit terkejut mendengar kalimat itu,mereka udah berusaha nyari baju buat gua,dan seolah-olah gua membabukan mereka dan hasil dari naik turun tangga itu ga dihargai sedikit pun..!!
Terbayang kembali wajah umi gua sewaktu pergi kedapur,terlihat letih bercampur duka akibat usahanya terbilang sia-sia,dari pukul 10:00 s/d 12:30 terasa percuma.

“anak macem apa gua?..karena ambisius dan kakunya gua,sampai-sampai gak ngehargai kjerih payah mereka.
Kenapa gua ga ngucap,”makasih ya mi udah mau dititipin” atau “mi bajunya bagus tapi kurang calm dikit lagi nih,tapi gapapa makasih ya mi”
Kenapa…?
Kenapa… ?
Gua ga bisa ngehargai,bersikap santun walau pun kecewa.Gua sadar kenapa hidup gua ini ga tenang.. yah karena gua ga bisa bersikap santun dan menghargai seseorang.

Setelah sadar,gua menghampiri umi gua dan berkata”mi maapin yah,karena selama ini raka ga pernah ngehargain baju yang dibeli umi,iah walau begitu ga seharusnya ‘aka’ mencela baju itu,karena itu sama aja ‘aka’ mencela umi”
“ia udah,nanti lagi mending kamu sendiri yang beli ka,,biar kamu bisa milih model yang kamu suka,dan biar kamu tau gimana usahanya nyari sesuatu yang kamu inginkan,supaya kamu bisa merasakannya dan lebih bisa menghargai sesuatu dan ingat…apa yang kamu terima,miliki saat ini syukuri saja,toh masih banyak mereka yang tak beruntung seperti kamu”.tutur umi dengan sejuk.
“iaa mi,”sahut gua dengan nada yang sedikit tersedu.


Setelah kejadian kemarin,gua rasa gua serasa dilemparin bubuk cabe ke mata gua,dan akhirnya gua melek akan nikmat dan perjuangan orang-orang yang ada di sekitar gua.Gua rasa duit “cepe” gua kemarin seolah-olah ga berarti buat apa yang udah gua terima saat ini,gua bisa lebih bersyukur dan menghargai orang lain terutama orang tua dan keluarga gua sendiri.

Hati kita ga bakalan kebuka,sebelum nafsu yang ada dalam diri(ambisi,rasa angkuh,egois.dan lainnya) di kendalikan oleh akal kita..
“manusia itu ga ada puasnya dan hanya mencela kebanyakan dari apa yang mereka terima,itulah manusia yang dominan nafsunya”dan gua harap kita bisa terhindar dari dominasi-nafsi itu

1 comment: